Sabtu (17/08/19), Sabtu, 17 Agustus 2019 tepat 74 tahun Indonesia merdeka. UINSA menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74, yang bertepatan dengan hari terakhir rangkaian PBAK di UIN Sunan Ampel Surabaya. Upacara diikuti sekitar 5000 peserta dari unsur Pimpinan, Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa Baru, kegiatan upacara tersebut ditutup dengan makan polo pendem bersama di Halaman UIN Sunan Ampel Surabaya.

Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 74 kali ini di gelar dengan Tema ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’. Dalam Sambutan Upacara, Plt Rektor yang menjabat Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan ini menyampaikan, Bahwa pada peringatan HUT RI ke 74 ini juga sebagai momentum pemersatu bangsa, seperti yang disampaikan oleh Dra Wahidah, Ph.D ” Kita Harus senantiasa menjaga dan meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia. Selain itu Tema ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’, mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul akan meningkatkan kemajuan Indonesia. dan juga SDM yang mampu bersaing secara global unbtuk memasuki era industri 4.0.

oleh sebab itu, perguruab tinggi harus tampil sebagai garda terdepan untuk dalam menciptakan SDM unggul. sebab itulah peran Perguruan Tinggi khususnya UINSA sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada.

Pada akhir gelaran Upacara Bendera HUT RI ke 74 ini juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kategori 30tahun, 20tahun, 10tahun. Ada 105 orang yang menerima penghargaan tersebut, yang terbagi atas 12 orang dengan kategori 30 tahun, kategori 20 tahun sebnayak 33 orang, dan kategori 10 tahun sebanyak 60 orang ( Humas FEBI)