Senin, 13 April 2020, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya resmi membuka proses registrasi bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang diterima dari dua jalur Prestasi Nasional. Adapun dua jalur tersebut yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Total Camaba yang diterima melalui dua jalur ini sebanyak 1381 Camaba.

Total Camaba dari dua jalur tersebut terbagi menjadi 547 orang dari jalur SNMPTN yang diumumkan melalui Siaran Pers Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Rabu, 8 April 2020. Sedangkan 834 orang yang diterima dari jalur SPAN PTKIN, diumumkan pada Jumat, 10 April 2020. Dua prodi favorit dalam seleksi jalur prestasi nasional ini yakni Managemen dan Ekonomi Syariah.

Total penerimaan Maba tahun 2020 UINSA, dibagi berdasarkan prosentase 30 persen jalur prestasi nasional (SNMPTN dan SPAN PTKIN), 40 persen jalur tes nasional (SBMPTN dan UM PTKIN) dan 30 persen Mandiri (Prestasi dan Tes).


Selanjutnya, para Maba yang dinyatakan lolos seleksi diharuskan melakukan registrasi pada 13-17 April 2020. Berupa pengisian borang daftar ulang guna penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara online pada laman pmb.uinsby.ac.id. Beberapa berkas atau borang yang dibutuhkan untuk registrasi antara lain Surat pernyataan penghasilan orang tua, Foto rumah, Kuitansi pembayaran listrik terbaru, Kuitansi pembayaran air, Surat pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan, Surat keterangan kepemilikan kendaraan bermotor, Kartu Susunan Keluarga, Kartu Keluarga Sejahtera (Jika ada), Pas Foto Camaba, serta Surat Pernyataan Kebenaran data/dokumen yang diunggah bermaterai cukup.

“Pengumuman penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 24 April 2020 dapat dilihat di laman UKT UIN Sunan Ampel Surabaya di pmb.uinsby.ac.id,” terang Drs. Abdullah Rofiq Mas’ud, MM., Kepala Bagian Akademik UINSA.

Lebih lanjut, Drs. Rofiq dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa dalam rangka tetap memenuhi protokol medis pencegahan penyebaran Covid-19, Maba akan mendapatkan nomor Virtual Account (VA) untuk membayar UKT. Dengan VA ini, para Maba dimudahkan untuk membayar UKT melalui berbagai cara, misalnya transfer melalui Internet BankingMobile Banking, ATM, atau melalui Counter Teller Bank manapun. “Setelah UKT ditentukan, Maba harus log in lagi ke laman pmb.uinsby.ac.id untuk mendapatkan Virtual Account. Pembayaran UKT kita agendakan pada 04-08 Mei 2020,” terang Drs. Rofiq.

Pembayaran UKT, lanjut Drs. Rofiq, dibayar secara tunai dan bagi Camaba yang terlambat registrasi akan otomatis dianggap mengundurkan diri. Selanjutnya, Maba yang sudah melakukan registrasi dapat mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan pada Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan sesuai jadwal yang ditentukan. “Untuk perkuliahan awal Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 menunggu pengumuman lebih lanjut. Mengingat kondisi saat ini masih dalam masa krisis Pandemi Covid-19,” tukas Drs. Rofiq. (Nur/Humas)