Laboratorium FEBI

Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya (selanjtunya disingkat Laboratorium FEBI-UINSA) dikonstruk untuk mendukung kegiatan praktikum, penelitian, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi dan kualitas akademik mahasiswa. Laboratorium FEBI-UINSA yang kini dipimpin oleh satu orang kepala, Dr. Fatmah, S.T., M.M., terdiri dari:

  • Galeri Investasi Syariah

Kegiatan laboratorium ini adalah menginvestasikan modal dari investor dengan sistem syariah. Galeri Investasi Syariah (GIS) mulai beroperasi pada 18 Oktober 2016 dengan tujuan mensosialisasikan pasar modal dan kegiatan ilmiah secara bersama-sama dalam rangka pengembangan pasar modal di Indonesia pada Perguruan Tinggi khususnya dan lingkungan masyarakat sekitar pada umumnya. Kerjasama yang dilakukan oleh GIS FEBI-UINSA antra lain dengan PT. Indopremier Sekuritas, PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

  • Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer disediakan untuk memenuhi kebutuhan praktikum mahasiswa dalam penguatan skill komputansi untuk menunjang kompetensi akademik. Laboratorium ini tidak hanya digunakan oleh mahasiswa Akuntansi tetapi juga digunakan oleh semua mahasiswa dari seluruh Program Studi.

  • Bank Mini Syariah

Laboratorium ini didesain selain untuk menyiapkan tenaga profesional perbankan syariah juga untuk memediasi dua kepentingan baik pihak yang surplus dana maupun pihak yang minus dana. Kegiatan yang dilakukan dalam laboratorium BMS ini tidak berbeda dengan kegiatan yang dijalankan oleh Industri Keuangan Bank.

  • Koperasi Syariah Mahasiswa al-Iqtishad

Koperasi mahasiswa dikelola berdasarkan prinsip syariah, sehingga koperasi ini diberi nama KOPSYARMA, singkatan dari Koperasi Syariah Mahasiswa. KOPSYARMA yang hadir pada bulan April 2018 bertujuan untuk memberikan alternatif solutif dalam penyediaan praktikum kewirausahaan. Selain untuk tujuan pembejaran, KOPSYARMA juga berorientasi pada penguatan kompetensi non akademik “profit” dengan adagium “dari” dan “untuk” kesejahteraan anggota (mahasiswa).  

  • Griya Derma

Griya Derma adalah laboratorium untuk pengelolaan dana zakat, infaq, wakaf, dan sedekah yang berdiri sejak 17 Mei 2017. Pembentukan Griya Derma dilatari oleh suatu keinginan mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf dalam memediasi gerakan sadar zakat, infaq, sedekah, dan wakaf di kalangan mahasiswa. Kehadiran Griya Derma tentu menjadi bagian penting dalam meningkatkan potensi ZISWAF untuk memberdayakan masyarakat dan mengembangkan perekonomian Indonesia. 

  • Bank Sampah Syariah

Laboratorium ini  didirikan pada 21 April 2014. Pendirian Bank Sampah Syariah diawali dari kepedulian mahasiswa terhadap kondisi lingkungan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.  Laboratorium ini terbuka bagi kalangan umum dan mahasiswa. Produk Bank Sampah Syariah antara lain adalah Tabungan Sampah dan Deposito Sampah. Produk Bank Sampah Syariah didesdain untuk aplikasi nyata terhadap pegelolaan manajemen barang tak berguna menjadi bermakna.